DINSOS BANTU PENGUBURAN JENAZAH ORANG TERLANTAR

KABAR DINSOS (08/10) – ┬áSalah satu tugas Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu bidang Pemberdayaan, Perlindungan, dan Jaminan Sosial adalah melakukan pengurusan dan penguburan terhadap orang terlantar. Hal ini seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial pasal 5 ayat 2 point c yang menyatakan bahwa negara bertanggungjawab atas penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang diprioritaskan kepada mereka yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusiaan dan memiliki kriteria masalah sosial seperti; ketelantaran.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun oleh bagian perlindungan dan jaminan sosial Dinsos Tanah Bumbu, orang terlantar yang diketahui bernama Siti Fatimah diantarkan ke RSUD Haji Andi Abdurahman Nor oleh salah satu  Ketua RT Desa Sejahtera dalam kondisi sakit. Berdasarkan kartu tanda penduduk yang dimiliki, almarhumah Siti Fatimah berusia 29 tahun beralamat di Jl. Pelabuhan Speed, Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat.

Prosesi penyholatan jenazah orang terlantar

Setelah dirawat di RSUD selama dua hari, Siti Fatimah kemudian meninggal dunia pada tanggal 26 September pukul 12 malam. Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial yang mendapatkan kabar tersebut segera melakukan verifikasi dan persiapan penguburan jenazah. Tepat pada tanggal 27 September 2018, akhirnya jenazah almarhumah Siti Fatimah dikebumikan di Pemakaman Umum Muslimin desa Barokah Kecamatan Simpang Empat setelah dimandikan dan disholatkan di Rumah Sakit. Proses penguburan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Haji Andi Abdurahman Noor dan aparat Desa Sejahtera. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *