DINSOS TANAH BUMBU SOSIALISASIKAN PROSEDUR LEGAL PENGANGKATAN ANAK

KABAR DINSOS (27/09) Р Hadirnya seorang anak dalam sebuah kehidupan rumah tangga merupakan hal yang membahagiakan bagi setiap pasangan. Meskipun demikian, tidak semua pasangan mampu mendapatkan anak secara biologis meskipun sudah menunggu selama bertahun-tahun usia pernikahan dan melakukan banyak hal seperti terapi kehamilan maupun mengikuti program bayi tabung. Untuk melengkapi kebahagiaan akan hadirnya seorang anak, tak jarang pasangan orang tua berinisiatif untuk melakukan pengangkatan anak (adopsi).

Fakta yang ditemukan di lapangan, banyak masyarakat yang belum memahami alur dan prosedur legal pengangkatan anak sehingga terkadang proses pengangkatan anak dilakukan dengan langsung mendaftarkan anak angkat sebagai anak kandung yang dalam prosesnya diduga terjadi pemalsuan dokumen. Selain itu pengangkatan anak yang tidak legal juga ditakutkan akan mengarah pada dugaan perdagangan orang. Oleh karena itulah, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu pada hari Kamis, tanggal 27 September 2018 melaksanakan sosialisasi prosedur legal pengangkatan anak dalam acara pertemuan bulanan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanah Bumbu yang berlangsung di Gedung PKK Maghligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat.

Pekerja Sosial memberikan sosialisasi tentang pengangkatan anak

Acara yang berlangsung selama satu jam setengah dengan menghadirkan narasumber dari Peyuluh Sosial, Pekerja Sosial, dan Sakti Peksos ini difokuskan pada beberapa hal yaitu; pentingnya melakukan pengangkatan anak secara legal, alur dan prosedur pengangkatan anak, pemberkasan, home visit dan assessment serta pendampingan dalam sidang adopsi. Dalam sosialisasi ini Dinas Sosial juga menekankan pentingnya prosedur pengangkatan anak yang legal dilakukan semata-mata demi kepentingan terbaik bagi anak. Hal yang tak kalah penting untuk diketahui dalam pengangkatan anak adalah bahwa pengangkatan anak tersebut tidak memutuskan hubungan darah antara anak yang diangkat dengan orang tua kandungnya.

Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat Tanah Bumbu menjadi lebih sadar akan pentingnya pengangkatan anak secara legal untuk melindungi hak-hak anak serta ikut serta menghindarkan anak dari kasus-kasus eksploitasi, perdagangan orang, dan kekerasan yang mungkin terjadi dengan dalih pengangkatan anak. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *