PENDAMPINGAN SIDANG TIM PERTIMBANGAN IZIN PENGANGKATAN ANAK (PIPA) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2018

KABAR DINSOS (01/10) – ┬áPada hari Senin tanggal 1 Oktober 2018 dilaksanakan Sidang Tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA) di hotel Aquarius Banjarmasin. Tahun ini adalah tahun kedua Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu diundang oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan untuk menghadiri acara tersebut guna mendampingi Calon Orang Tua Angkat yang berasal dari wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu yang diwakili oleh Hj. Sukmawati Kasi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia serta didampingi oleh Sakti Peksos menjelaskan bahwa Proses Pengangkatan Anak merupakan proses panjang yang harus dilalui oleh Calon Orang Tua Angkat, salah satunya adalah dengan melewati sidang PIPA di Banjarmasin.

Pengangkatan anak atau biasanya lebih dikenal dengan adopsi sendiri merupakan suatu perbuatan hukum yang mengalihkan seorang anak dari lingkungan kekuasaan orang tua, wali yang sah atau orang lain yang bertanggungjawab atas perawatan, pendidikan, dan membesarkan anak tersebut ke dalam lingkungan keluarga orang tua angkat. Di Indonesia, prosedur pengangkatan anak ini dipayungi oleh UU No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak; pasal 39 sampai dengan pasal 41, PP 54/2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak, Permensos 110/HUK/2009 tentang Persyaratan Pengangkatan Anak, Perdirjen 02/2012 tentang Pedoman Teknis Pengangkatan Anak, serta surat edaran Mahkamah Agung (SEMA) No. 06 tahun 1983.

Salah satu prosedur yang harus dilalui oleh Calon Orang Tua Angkat untuk mendapatkan rekomendasi pengangkatan anak adalah dengan mengikuti Sidang Tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA). Tim PIPA berdasarkan Permensos No.37 Tahun 2010 merupakan suatu wadah pertemuan koordinasi lintas instansi secara komprehensif dan terpadu guna memberikan pertimbangan pemberian izin pengangkatan anak. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *