DINSOS BUKA DAPUR UMUM UNTUK MEMBANTU KORBAN BANJIR KECAMATAN SATUI

KABAR DINSOS (29/06) – Hujan deras  yang mengguyur Kabupaten Tanah Bumbu selama hampir satu minggu mengakibatkan banjir di beberapa daerah diantaranya Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Satui. Berdasarkan data sementara dari Sekretariat Posko Bencana Banjir Kecamatan Satui terdapat 3125 KK atau sekitar 10.485 jiwa dari delapan desa yang terdampak banjir tersebut. Derasnya arus banjir juga mengakibatkan ambruknya jembatan penghubung RT 11 dan RT 13 Desa Wonorejo serta terputusnya akses jalan menuju trans Jombang. Sebanyak 28 KK atau sekitar 102 jiwa yang terdampak bencana banjir bahkan telah memenuhi titik pengungsian yang terdapat di SMP IV, Sinar Bulan Satui.

Dapur Umum TAGANA Dinsos Kab. Tanah Bumbu

Sejak tanggal 28 Juni 2018, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu telah menurunkan tim kesiapsiagaan bencana (TAGANA) untuk membantu korban banjir Satui. Selain berjaga di posko banjir, Tagana bersama TKSK Satui dan dimotori langsung oleh Kabid Pemberdayaan  Perlindungan dan Jaminan Sosial juga mendirikan dapur umum yang bertempat di belakang koramil Satui untuk membantu akomodasi korban bencana banjir.

Dari pantauan website Badan Meteorologi dan Geofisika diperkirakan hujan deras masih akan mengguyur Tanah Bumbu sampai hari sabtu tanggal 30 Juni 2018. Oleh karena itu masyarakat dihimbau agar terus waspada akan adanya kemungkinan hujan deras dan banjir susulan. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *