DINAS SOSIAL KEMBALI LAKSANAKAN PENJANGKAUAN ODGJ TAHAP II BERSAMA PSBL DAN PUSKESMAS PAGATAN

KABAR DINSOS (15/05) –  Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Budi Luhur Banjarbaru dan Puskesmas Pagatan kembali melanjutkan penjangkauan Tahap II yang bertempat di Puskesmas Pagatan  pada hari senin tanggal 14 Mei 2018 kemarin. Puskesmas Pagatan kembali terpilih menjadi tuan rumah Penjangkauan sebab Puskesmas Pagatan sangat kooperatif dalam memberikan data ODGJ dan berkenan menjadi tempat terlaksananya penjangkauan guna kepentingan keluarga ODGJ.

Penjangkauan ini dihadiri oleh sekitar 30 orang keluarga ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang berdomisili di Kecamatan Kusan Hilir. Acara yang sempat mengalami keterlambatan dikarenakan adanya insiden bocor ban oleh narasumber ini tidak mengurangi antusiasme  para peserta penjangkauan untuk berdiskusi dengan narasumber dari PSBL.

Penjangkauan ODGJ ini pada dasarnya bukan hanya berisi tentang kiat dalam membantu ODGJ melakukan keberfungsian sosialnya namun juga penguatan-penguatan terhadap keluarga ODGJ yang selalu mendampingi sehari-hari. Tekanan yang dialami oleh keluarga ODGJ apabila tidak dimanajemen dengan baik bisa menimbulkan masalah baru bagi keluarga ODGJ. Oleh karena itu motivasi dan tukar pikiran perlu dilakukan agar keluarga tetap bersemangat dalam mendampingi ODGJ. Narasumber mengingatkan kepada keluarga ODGJ agar memanfaatkan sumber-sumber yang bisa membantu mengurangi beban mereka dalam pendampingan seperti konseling di Psikolog, Poli Jiwa, atau puskesmas.

Di akhir acara penjangkauan Tahap II ini tak lupa diserahkan juga paket sembako dan paket perlengkapan harian kepada keluarga ODGJ yang telah menyempatkan hadir. Paket sembako berupa beras, minyak, dan mie instan serta paket harian berupa perlengkapan kebersihan seperti detergen, sabun, sandal, diberikan untuk membantu keluarga ODGJ. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan kebutuhan sehari-hari mereka. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *