SOSIALISASI DAN SELEKSI PENERIMAAN CALON SISWA BARU PSBR BUDI SATRIA BANJARBARU TAHUN 2018

Peserta seleksi berfoto bersama di halaman kantor Dinas Sosial

KABAR DINSOS (26/04) – Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Budi Satria Banjarbaru melaksanakan sosialisasi yang dilanjutkan dengan seleksi penerimaan calon siswa baru PSBR pada tanggal 25 April 2018 kemarin. Bertempat di kantor Dinas Sosial, seleksi ini diikuti sebanyak 10 orang peserta dari kecamatan Simpang Empat, Mentewe, Kusan Hulu, Sungai Loban, dan Kuranji. Selanjutnya tim juga akan melakukan seleksi di Kecamatan Angsana yang akan diikuti oleh sekitar 26 calon peserta. Tahun ini seleksi sengaja dilaksanakan di dua tempat untuk memberikan kemudahan kepada para calon peserta yang rata-rata memang berasal dari keluarga tidak mampu.

Seleksi yang dilakukan oleh tim dari PSBR dilaksanakan dua kali dalam satu tahun pada bulan Mei dan Nopember yang meliputi seleksi wawancara dan administrasi. Calon peserta wajib memenuhi beberapa persyaratan masuk yang meliputi; usia 15-20 tahun, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan, belum menikah, serta merupakan warga negara Indonesia. Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi akan mengikuti masa pendidikan di PSBR Banjarbaru selama enam bulan.

Salah seorang calon peserta mengikuti seleksi wawancara

Selain mendapatkan pendidikan fisik, mental, sosial, dan keagamaan, para peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan pelatihan vocasional. Ada beberapa pilihan ketrampilan yang bisa dipilih oleh peserta diantaranya adalah otomotif, computer, menjahit, tata rias, mebelair, elektronik, serta servis motor dan hp. Bimbingan ketrampilan tersebut diberikan agar peserta bisa mandiri selepas masa pendidikan di PSBR Banjarbaru. Peserta yang sudah menjalani pendidikan selama enam bulan nantinya juga akan mendapatkan modal usaha dari PSBR. Modal usaha tersebut akan disesuaikan dengan ketrampilan yang sudah diikuti sebelumnya. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat mempermudah anak dalam membuka usaha mandiri sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *