LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3)

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kabupaten Tanah Bumbu merupakan salah satu wadah/ alternative yang bisa diakses oleh keluarga di dalam memberikan layanan konsultasi yang berfungsi sebagai berikut:

  1. Pencegahan (Preventif), yaitu untuk menghindarkan terjadinya, berkembangnya, dan terjadinya kembali masalah yang sama yang dialami oleh keluarga.
  2. Perlindungan (Protection), yaitu melindungi keluarga dari tindak kekerasan baik fisik, psikologis,/mental ataupun sosial.
  3. Pengembangan (Development), yaitu meningkatkan kemampuan berpikir yang berkaitan dengan peningkatan taraf kehidupan dan penghidupan dalam rangka peningkatan kemampuan keluarga/klien.
  4. Rehabilitasi, yaitu untuk penyembuhan dan pemulihan kembali sosial psikologis keluarga serta untuk meningkatkan fungsi dan peran sosial anggota keluarga di masyarakat.
  5. Penunjang, yaitu mendukung berbagai upaya yang dilakukan oleh lembaga lain guna tercapainya peningkatan kualitas kehidupan dan penghidupan keluarga maupun masyarakat.

TUJUAN UMUM

Tercapainya pelayanan LK3 Kabupaten Tanah Bumbu secara optimal sehingga dapat terwujud keluarga yang sejahtera baik fisik, mental, dan sosial serta memberikan pelayanan kepada lapisan masyarakat secara menyeluruh.

TUJUAN KHUSUS

  1. Membantu menyelesaikan permasalahan/konflik yang ada dalam keluarga
  2. Memberikan motivasi kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya pelayanan kesejahteraan sosial keluarga sebagai pondasi yang kokoh bagi kelangsungan hidup bangsa di masa yang akan datang.
  3. Mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial keluarga pada masa kini dan masa yang akan datang

SASARAN PELAYANAN

Sasaran pelayanan LK3 adalah individu atau keluarga yang membutuhkan informasi, advokasi untuk mengembangkan kualitas keluarga dan yang membutuhkan bantuan dalam menangani masalah bio psikososial keluarga yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

LINGKUP PELAYANAN

  1. Konseling, dilakukan untuk membantu keluarga-keluarga yang mengalami masalah psikososial.
  2. Konsultasi, merupakan bantuan penasehatan bagi individu, keluarga, masyarakat, kelompok atau organisasi oleh seseorang atau suatu tim yang memiliki pengetahuan, ketrampilan yang memadai.
  3. Advokasi, adalah tindakan untuk mewakili atau membela kepentingan keluarga baik melalui penanganan langsung atau melalui pihak lain dengan tujuan untuk mencapai keadaan keluarga yang sejahtera.
  4. Pendampingan, diberikan kepada keluarga yang masih memerlukan penanganan lebih lanjut karena masalah yang dihadapinya.
  5. Perlindungan, diberikan kepada keluarga dari tindakan kesewang-wenangan, kekerasan mental dan fisik serta intimidasi baik yang berasal dari dalam maupun luar keluarga.
  6. Rujukan, menerima keluarga-keluarga yang dirujuk oleh pihak lain dan membuat rujukan kepada lembaga pelayanan lain yang berkompeten dan berkaitan dengan masalah dan kebutuhan klien.

JENIS PELAYANAN

Pelayanan yang diberikan adalah pelayanan konsultasi pada individu dan keluarga yang memiliki permasalahan sebagai berikut:

  1. Anak/remaja berkebutuhan khusus (ABK)
  2. Anak/remaja putus sekolah (drop out)
  3. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)

KEGIATAN OPERASIONAL

  1. Memberikan/mengadakan konsultasi pada individu dan masyarakat yang mengalami masalah keluarga
  2. Mengadakan pendampingan pada kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), orang yang mengalami gangguan jiwa/penyakit jiwa (ODGJ), lanjut usia, dan anak terlantar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *