DINAS SOSIAL FASILITASI ORANG DENGAN KEDISABILITASAN UNTUK PENGUKURAN TANGAN PALSU

KABAR DINSOS (18/04) – Disabilitas atau difabel adalah istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi. Disabilitas sendiri cukup komplek karena meliputi fisik, mental, atau bahkan fisik dan mental sekaligus.  Penyandang disabilitas seringkali menghadapi banyak kesulitan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari dikarenakan adanya gangguan yang membatasai gerak partisipasinya baik itu dalam bekerja ataupun bersosialisasi dengan lingkungan. Tak jarang penyandang disabilitas mengalami depresi dikarenakan keterbatasan dirinya tersebut sehingga mereka menarik diri dari lingkungan masyarakat.

Penyandang Disabilitas adalah salah satu dari 26 PMKS yang menjadi fokus penanganan Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu khususnya Bidang Rehabilitasi Sosial. Pada hari senin tanggal 16 April 2018 yang lalu Dinas Sosial ikut memfasilitasi salah satu penyandang disabilitas fisik untuk melakukan pengukuran tangan palsu atas nama Bapak Masri Hasan dari kecamatan Kusan Hilir. Bapak Masri Hasan merupakan seorang pensiunan pegawai negeri sipil yang kehilangan tangan kirinya dalam suatu insiden. Beliau sudah mengajukan permohonan bantuan tangan palsu sejak 2015 lalu namun baru bisa direalisasikan pada tahun ini.

Sekretaris Dinas Sosial, Endang Asyudi S.Pt, Ms mengantarkan langsung Bapak Masri Hasan untuk melakukan pengukuran di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin. Diperkirakan bantuan tangan palsu dari pemerintah itu akan selesai dikerjakan sekitar 1 sampai 2 minggu terhitung sejak pengukuran dilaksanakan. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat membantu mempermudah Bapak Masri Hasan dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *