Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu Terima Penghargaan Pemda Paling Aktif Dalam Verifikasi Data Terpadu Se-Indonesia

KABAR DINSOS (08/03) РPenghargaan  untuk pemda paling aktif dalam melakukan verifikasi dan validasi data terpadu diterima oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu, Basuni, S.Pd, MM tanggal 6 Maret pada acara Rapat Koordinasi Nasional Data Terpadu Tahap Kedua Tahun 2018 di Jakarta lalu. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Mentri Sosial Idrus Marham ini diberikan bersamaan dengan dua kabupaten/kota lainnya yaitu Kota Bontang dan Kabupaten Toli-toli.

Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu sendiri memang cukup aktif dalam melakukan verifikasi dan validitasi data terpadu melalui Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG). Hal ini dilakukan karena pemutakhiran data tersebut akan berakibat pada ketepatan sasaran pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat miskin. Dengan adanya data yang valid diharapkan berbagai program bantuan atau subsidi yang dicanangkan oleh pemerintah akan sampai kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Data terpadu tersebut juga sedianya akan dijadikan sebagai data rujukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pelayanan kesejahteraan sosial.

 

Sosialisasi BDT di Kecamatan Kusan Hulu

Mengingat pentingnya pemutakhiran data terpadu ini, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu secara langsung melakukan sosialisasi BDT (Basis Data Terpadu) di sepuluh kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu pada bulan Februari sampai Maret 2018. Sosialisasi BDT perlu dilakukan agar terjalin kerjasama antara desa, kecamatan, dan Dinas Sosial dalam upaya pemutakhiran data terpadu. Dalam sosialisasi tersebut juga dijelaskan pentingnya validasi dan verifikasi untuk memperbaharui data yang sangat mungkin berubah sewaktu-waktu tergantung dari kondisi masyarakat di lapangan. (Rz)

*) Sumber foto dari link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *