Pelayanan Asistensi Lanjut Usia Terlantar (ASLUT)

Pelayanan Asistensi Sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial yang bertujuan memberikan bantuan sosial agar seseorang dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya secara layak. Dalam Rancangan Program Prioritas Nasional Tahun 2018 untuk Program Prioritas Pemenuhan Kebutuhan Dasar dengan kegiatan prioritas Peningkatan Inklusivitas Pelayanan Dasar pada Proyek Prioritas Pemberian Pelayanan Home Care bagi Lanjut Usia, Pelayanan Asistensi Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) adalah salah satu bentuk kegiatannya.

Pelayanan dalam program Home Care dilakukan dalam beberapa bentuk, yaitu: perawatan sosial, pendampingan kebutuhan dasar lanjut usia, pelayanan perawatan sosial bagi lansia, pelayanan kegiatan sehari-hari, perawatan medis/kesehatan bagi lansia di rumah (merawat lansia yang menderita sakit, penyandang cacat, lanjut usia yang uzur/bedridden), konsultasi dan konseling, pendampingan lanjut usia di rumah, pelayanan dalam menyatukan (reunifikasi) lanjut usia dengan keluarganya, pelayanan melalui telepon, pelayanan informasi, pelayanan berupa pemberian kebutuhan dasar seperti pakaian dan kelengkapan pangan yaitu berupa kebutuhan pemakanan seperti nasi, lauk pauk, susu, buah-buahan, makanan ringan, dan yang lainnya yang berkaitan dengan tambahan gizi bagi lanjut usia.

Selain pelayanan home care, terdapat juga bantuan stimulan khusus lansia terlantar yang merupakan bentuk dari perlindungan sosial terhadap mereka. Bantuan tersebut diberikan agar mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya secara layak. Program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) sendiri adalah kebijakan pemerintah untuk memberikan perhatian dan perlindungan sosial terhadap lanjut usia terlantar dalam bentuk pemberian bantuan dana untuk digunakan memenuhi kebutuhan dasar hidupnya sehingga diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup kesejahteraan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *