DINSOS DAMPINGI ZM KE SAMBANG LIHUM

KABAR DINSOS (08/26) – Pada tanggal 25 Agustus 2020 Dinas Sosial kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan informasi dari Polsek Simpang Empat tentang keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terlantar di wilayah Kecamatan Simpang Empat. Menurut laporan, ODGJ berjenis kelamin laki-laki tersebut mengamuk dan mengganggu pengguna jalan raya sehingga harus diamankan oleh polisi demi menjaga ketertiban.

Tanpa menunggu lama, Dinas Sosial langsung merespon laporan tersebut dengan menurunkan Kabid Rehabilitasi Sosial, pekerja sosial dan staf untuk melakukan pengecekan. Berdasarkan hasil assesmen diketahui bahwa ODGJ terlantar bernama ZM (inisial), seorang perantau dari Nusa Tenggara yang berdomisili di Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat. ZM diduga mengalami gangguan jiwa setelah diPHK dari perkebunan sawit tempatnya bekerja.

Pada tanggal 26 Agustus 2020, Dinas Sosial membawa ZM ke Poli Jiwa Rumah Sakit Haji Andi Abdurahman Noor setelah sebelumnya diamankan ke rumah singgah As-Syifa di bawah naungan Dinas Sosial. Berdasarkan hasil pemeriksaan Psikiater, ZM didiagnosa mengalami gangguan jiwa dan waham keagamaan. Didampingi oleh Dinas Sosial, ZM kemudian dirujuk untuk menjalani perawatan intensif ke Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum di Banjarbaru.

Peksos dan pensos dampingi ZM ke Poli Jiwa

Dinas Sosial berharap agar ZM dapat segera pulih untuk kemudian direncanakan akan dipulangkan kembali ke daerah asalnya agar bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Keluarga sebagai garda terdepan dalam penanganan orang dengan gangguan jiwa diharapkan dapat memantau dan memberikan support kepada ZM agar kondisinya kembali stabil sehingga dapat memaksimalkan keberfungsian sosialnya. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *