DINSOS DAMPINGI ODGJ TERLANTAR BEROBAT KE SAMBANG LIHUM

KABAR DINSOS (07/09) – Pada hari Rabu 8 Juli 2020, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan laporan adanya orang dengan gangguan jiwa yang dianggap meresahkan masyarakat Desa Suka Damai Kecamatan Mantewe. ODGJ tersebut dilaporkan sering buang air kecil di area masjid desa setempat.

Dinsos yang diwakili oleh bidang Rehabilitasi Sosial kemudian menurunkan petugas dan penyuluh sosial untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Berdasarkan hasil asesmen diketahui bahwa ODGJ tidak memiliki keluarga dan tidak diketahui asal-usulnya. ODGJ yang diberi nama Mr.X itu akhirnya di bawa ke rumah singgah As Syifa sambil menunggu penanganan berikutnya.

Di hari yang sama, petugas juga mengunjungi salah satu ODGJ warga Kecamatan Karang Bintang setelah ada laporan dari Puskesmas Karang Bintang. ODGJ yang diketahui bernama JM tersebut dilaporkan telah dipasung selama lima tahun oleh keluarganya. Setelah berkoordinasi dengan pihak desa, Dinsos kemudian menyarankan agar ODGJ dibawa ke RSUD untuk assesmen lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Kejiwaan.

Kamis, 9 Juli 2020, Mr X dan JM dibawa ke RSUD HAAN Tanah Bumbu untuk menjalani assesmen. Berdasarkan keputusan Dokter Spesialis Kejiwaan, kedua ODGJ mendapatkan rujukan ke RSJ Sambang Lihum  untuk mendapatkan penanganan intensif. Sesuai dengan tupoksi bidang rehabilitasi sosial, Dinsos pun ikut mendampingi pemberangkatan kedua ODGJ ke RSJ Sambang Lihum di Banjarbaru.

Dinsos berfoto dengan OGDJ di Sambang Lihum

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, pada pasal 149 dijelaskan bahwa penderita gangguan jiwa yang terlantar, menggelandang, mengancam keselamatan diri dan orang lain, atau menganggu ketertiban dan keamanan umum wajib mendapatkan pengobatan dan perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Pemerintah, Pemda dan masyarakat.

Oleh karena itu Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu mengharapkan kepada masyarakat agar melaporkan apabila ada ODGJ terlantar maupun ODGJ yang dipasung agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. Bersama-sama mari menjaga kesehatan jiwa masyarakat Indonesia. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *