JALANKAN SPM, DINSOS TANAH BUMBU BERIKAN PEMBINAAN TERHADAP GEPENG DI LAMPU MERAH

KABAR DINSOS (05/30) – Menindaklanjuti surat dari Kecamatan Simpang Empat perihal penanganan gepeng, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu bekerja sama dengan Satpol PP mengadakan razia gabungan pada tanggal 29-30 Juni 2020.

Razia yang dilakukan di Lampu Merah dan sekitar pertokoan Kecamatan Simpang Empat tersebut berhasil menjaring 12 orang gelandangan dan pengemis yang terdiri dari 8 orang badut di mana 2 diantaranya merupakan anak di bawah umur, serta 4 orang pengemis yang beroperasi di pertokoan.

Keduabelas orang tersebut kemudian diamankan di rumah singgah As-Syifa yang berada di bawah tanggung jawab Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu. Selama di rumah singgah, mereka didata untuk kelengkapan administrasi serta mendapatkan pembinaan dari penyuluh sosial. Khusus untuk menangani anak di bawah umur yang terjaring, Dinas Sosial juga bekerja sama dengan Dinas Perlindungan Anak untuk menemukan solusi terbaik bagi anak.

Dalam proses pembinaan, Dinas Sosial Tanah Bumbu menekankan tentang tidak adanya larangan seseorang untuk mencari nafkah di wilayah Tanah Bumbu selama pekerjaan tersebut tidak mengganggu ketertiban umum. Mengingat bahwa lokasi lampu merah di Kecamatan Simpang Empat merupakan jalan yang ramai dan harus bersih dari gangguan, maka untuk menjamin keamanan pengendara dan para badut yang beroperasi di tempat tersebut, Dinas Sosial menyarankan agar mereka berpindah ke tempat yang lebih aman seperti Taman Edukasi. Sedangkan untuk empat orang pengemis yang sebelumnya beroperasi di pertokoan, Dinas Sosial melakukan fasilitasi pemulangan mereka ke daerah asal yaitu Banjarmasin.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, setiap daerah wajib melaksanakan Standar Pelayanan Minimal (SPM). SPM merupakan jenis-jenis pelayanan dasar yang berhak diperoleh oleh setiap warga negara secara minimal. Adapun urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar terdiri atas: pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta bidang sosial.

Dengan melakukan penanganan terhadap gelandangan dan pengemis yang berada di wilayah Tanah Bumbu, maka Dinas Sosial melalui Bidang Rehabilitasi Sosial telah melaksanakan standar pelayanan minimal seperti yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang.(Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *