DINAS SOSIAL PULANGKAN EKY KE SUNGAI DURIAN

KABAR DINSOS (04/14) – Pada hari minggu tanggal 12 April 2020, Dinas Sosial mendapatkan laporan dari masyarakat Desa Sarigadung berkenaan dengan ditemukannya seorang anak terlantar di sebuah café billiard di Kecamatan Simpang Empat.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Dinas Sosial melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Kasi Rehabilitasi Sosial Anak&Lansia didampingi oleh TKSK segera meluncur ke lokasi. Anak terlantar yang ditampung sementara di rumah ketua RT 10 tersebut berjenis kelamin perempuan dan dalam kondisi sehat secara fisik.

Setelah melalui proses assessment, diketahui anak terlantar bernama Eky berasal dari Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru. Eky mengaku dibawa oleh seorang perempuan dengan menggunakan bis antar kota menuju Kecamatan Simpang Empat sebelum akhirnya ditinggalkan di café billiard. Secara umum Eky nampak sehat, mampu berkomunikasi serta bergaul dengan orang lain dengan baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda gangguan jiwa.

Dinsos berikan pengarahan kepada keluarga anak

 

Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu di bawah Bidang Rehabilitasi Sosial mempunyai tugas untuk menangani anak terlantar yang merupakan salah satu dari penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang merupakan tupoksi dari Dinas Sosial. Melalui Sakti Peksos, dilakukanlah koordinasi dengan Sakti Peksos Kotabaru untuk menelusuri keberadaan orang tua anak terlantar tersebut.

Senin, 13 April 2020, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu akhirnya berhasil menghubungi keluarga Eky. Setelah memberikan pengarahan dan pembinaan terhadap anak dan keluarganya, Dinas Sosial akhirnya mengantarkan Eky dan keluarga kembali ke Sungai Durian Kabupaten Kota Baru. Dengan dipulangkannya Eky kembali ke rumah orangtuanya, Dinas Sosial berharap agar Eky dapat mendapatkan kasih sayang dari keluarga untuk masa depannya, sebab lingkungan terbaik bagi anak  adalah bersama dengan keluarganya. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *