RAMOS KEMBALI PULANG KE TABALONG

KABAR DINSOS (01/08) – Rabu, 31 Juli 2019 Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu menerima klien penyandang disabilitas mental yang merupakan hasil operasi dari Satpol PP. Berdasarkan laporan masyarakat, klien tersebut ditemukan di sekitar Sungai Hanau Kecamatan Simpang Empat sejak hari selasa. Klien dilaporkan karena meresahkan warga dengan meludahi dan mengganggu warga yang lewat.

Setelah melalui proses assessment sementara oleh petugas Dinas Sosial, diketahui klien menderita gangguan mental dan tidak dapat berbicara dengan jelas. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas, disebutkan bahwa penyandang disabilitas mempunyai hak untuk mendapatkan perlindungan khusus dari diskriminasi, penelantaran, pelecehan, eksploitasi serta kekerasan dan pelecehan seksual.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam rangka melindungi hak-hak penyandang disabilitas, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu kemudian berusaha untuk melacak identitas dan keberadaan keluarga klien tersebut melalui pendamping disabilitas. Tak berselang lama, identitas klienpun berhasil didapatkan.

Dinsos Tanbu mendampingi Ramos kembali ke keluarganya

Berdasarkan laporan dari pendamping disabilitas, diketahui identitas klien bernama Ramos. Ramos merupakan warga Kabupaten Tabalong dan sudah berulang kali berjalan meninggalkan rumahnya menuju Kabupaten lain. Kemungkinan Ramos menumpang kendaraan yang lewat dengan tujuan acak ke beberapa daerah.

Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu kemudian berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Tabalong dalam rangka pemulangan kembali Ramos ke tempat asalnya. Rabu malam, dengan didampingi oleh petugas Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu, Ramos akhirnya dapat kembali berkumpul dengan keluarganya di Kabupaten Tabalong. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *