DINSOS ANTARKAN MISS.X KE RSJ SAMBANG LIHUM

KABAR DINSOS (01/07) – Minggu 30 Juni 2019, warga Kecamatan Simpang Empat digegerkan oleh peristiwa pemukulan yang dilakukan oleh seorang wanita tak dikenal terhadap salah seorang warga kelurahan Kampung Baru. Berdasarkan laporan warga, perempuan yang sempat mengamuk dan tak diketahui identitas dan asal-usulnya ini juga sempat terlihat berkeliaran di Desa Sari Gadung pada hari Jumat sebelumnya.

Anggota keluarga korban pemukulan yang tidak terima atas perlakuan perempuan tersebut beserta warga yang merasa terganggu kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Simpang Empat. Setelah melalui proses assessment yang dilakukan oleh pihak Polsek dan petugas Dinas Kesehatan, diduga perempuan tak dikenal tersebut mengalami gangguan kejiwaan. Berdasarkan dugaan itu akhirnya Dinkes bekerjasama dengan Dinas Sosial melalui Nova Rusdiana selaku TKSK Kecamatan Simpang Empat merujuk perempuan tersebut ke Poli Jiwa Rumah Sakit Haji Andi Abdurahman Noor.

Miss.X diamankan oleh Polsek Simpang Empat

Psikiater yang menangani perempuan tak dikenal tersebut dengan mempertimbangkan keberadaan keluarganya yang belum diketahui kemudian merujuk perempuan itu ke Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Banjarbaru. Dinas Sosial Kabupaten Tanah bumbu selaku penanggungjawab PMKS golongan orang terlantar ikut serta melakukan pendampingan ke Sambang Lihum guna penanganan perempuan yang mengalami gangguan jiwa lebih lanjut.

Setelah dilakukan asesment di RSJ Sambang Lihum, diketahui perempuan tersebut bernama IF dan sudah beberapa kali dirawat di sana karena mengalami shizophrenia. Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu akhirnya menelusuri anggota keluarganya yang berada di Kotabaru sebagai rujukan kembali apabila IF sudah diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Jiwa. Sebab bagaimanapun juga, penanganan terbaik bagi penderita gangguan jiwa adalah keluarga. Dengan adanya support dan perhatian keluarga diharapkan penderita gangguan jiwa dapat segera pulih dan dapat melakukan keberfungsian sosialnya sebagaimana biasa. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *