PEMBERANGKATAN SISWA SISWI PSBR DAN PSBW TAHUN 2019

KABAR DINSOS (02/06) – Sebanyak enam orang remaja putra-putri dinyatakan lolos  dan memenuhi kriteria untuk melaksanakan pendidikan di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Budi Satria setelah mengikuti seleksi penerimaan yang dilaksanakan di Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu pada tanggal 2 Mei 2019 lalu. Sebelumnya tercatat sekitar dua puluh tiga remaja dari beberapa kecamatan di Tanah Bumbu mengikuti seleksi tersebut yaitu dari kecamatan Sungai Loban, Kusan Hulu, Mantewe, dan Satui.

Para peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan pendidikan fisik, mental, sosial, dan keagamaan serta pelatihan vocasional. Ada beberapa pilihan ketrampilan yang bisa dipilih oleh peserta diantaranya adalah otomotif, computer, menjahit, tata rias, mebelair, elektronik, serta servis motor dan hp. Bimbingan ketrampilan tersebut diberikan agar peserta bisa mandiri selepas masa pendidikan di PSBR Banjarbaru. Peserta yang sudah menjalani pendidikan selama enam bulan nantinya juga akan mendapatkan modal usaha dari PSBR. Modal usaha tersebut akan disesuaikan dengan ketrampilan yang sudah diikuti sebelumnya. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat mempermudah anak dalam membuka usaha mandiri sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki.

Enam orang remaja calon siswa-siswi PSBR angkatan 77 ini diberangkatkan menuju asrama PSBR di Banjarbaru pada hari Selasa, 2 Juli 2019 dengan menggunakan travel bersamaan dengan tiga orang calon siswi Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) yang juga telah lolos seleksi tingkat Kabupaten. Sebelumnya, calon siswa-siswi yang hendak berangkat ini berkumpul di kantor Dinas Sosial bersama dengan anggota keluarga yang mengantarkan untuk mendapatkan pengarahan dan bimbingan yang dilakukan oleh Penyuluh Sosial.

Dalam bimbingan tersebut, peserta dan keluarga diarahkan agar tetap semangat selama menjalani pendidikan di PSBR dan PSBW. Ilmu yang didapatkan setelah pelatihan dan pendidikan diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupannya selepas masa pelatihan. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *