PEMULANGAN TUNA SUSILA ASAL BANYUWANGI

KABAR DINSOS (05/12) – Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu kembali penerima terduga Tuna Susila  yang terjaring dalam patrol rutin Satpol PP pada tanggal 3 Desember 2018 di Pal 8 Kecamatan Simpang Empat.

Melalui proses asesmen oleh staf rehabilitasi sosial Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu diketahui perempuan tersebut bernama SP yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. SP yang merupakan perantau sebelumnya bekerja sebagai wiraswasta di Kabupaten Tanah Bumbu.

SP mendapatkan pembinaan selama satu hari sebelum dipulangkan kembali ke kediamannya di blok C pada tanggal 4 Desember 2018 setelah mendapatkan jaminan dari PR yang merupakan suami sirinya dengan membuat pernyataan bermaterai bahwa yang bersangkutan SP tidak akan mengulangi lagi kegiatan yang diduga praktek prostitusi di wilayah kabupaten Tanah Bumbu serta apabila melanggar atau  melakukan kegiatan yang diduga praktek prostitusi maka yang bersangkutan bersedia ditindak sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten  Tanah Bumbu Nomor 21 tahun 2017 dan pasal 506 KUHP dan peraturan lainnya yang berlaku di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Tuna Susila masih menjadi masalah sosial yang dihadapai oleh banyak daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Tanah Bumbu. Hal ini kebanyakan terjadi karena permasalahan ekonomi yang menghimpit serta susahnya mencari lapangan pekerjaan. Selama rentang waktu tahun 2018 ini Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu telah menangani sekitar 87 Tuna Susila asal berbagai daerah yang kesemuanya merupakan hasil dari razia Satpol PP di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan adanya razia rutin dan pembinaan dari Dinas Sosial diharapkan dapat mengurangi jumlah Tuna Susila di Kabupaten Tanah Bumbu. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *