RELAWAN PALU KEMBALI PULANG KE TANAH BUMBU

KABAR DINSOS (27/11) – Setelah hampir dua bulan menjadi relawan sosial di Palu pasca terjadinya gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah, hari ini Tagana Dinas Sosial yang menjadi bagian dari relawan Tanah Bumbu dijadwalkan kembali ke Tanah Bumbu melewati Makasar. Tim Relawan yang bergabung dalam misi kemanusiaan ini bertugas membantu dapur umum dan evakuasi korban bencana yang semula diperkirakan akan berada di lokasi selama 14 hari namun pada perjalanannya diperpanjang karena pertimbangan masih sangat dibutuhkannya relawan di lokasi bencana.

Sebelumnya, sebanyak delapan orang anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dari Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu berangkat menuju lokasi gempa di Palu dan Donggala pada hari Rabu tanggal 3 Oktober 2018 lalu. Tim Tagana yang bergabung dengan Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Tanah Bumbu ini bertolak dengan menggunakan jalur darat dari Batulicin melewati Balikpapan Kalimantan Timur untuk kemudian menyeberang menuju ke Mamuju Sulawesi Barat dengan menumpang kapal Ferry setelah dilepas oleh Plt Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor yang didampingi oleh Kepala Dinas BPBD dan Kepala Dinas Sosial.

Diketahui bahwa gempa berkekuatan magnitudo 7,7  mengguncang pantai utara Pulau Sulawesi yang disusul oleh Tsunami telah memporak-porandakan Palu dan Donggala menyebabkan kerusakan yang luar biasa pada 28 September 2018. Sebanyak 1200 orang tewas menjadi korban gempa dan tsunami tersebut. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *