PENYALURAN BANTUAN KUBE KELOMPOK PERKOTAAN DI KECAMATAN SIMPANG EMPAT

KABAR DINSOS (14/11) – Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, Kementrian Sosial Republik Indonesia merupakan salah satu leading sector dalam upaya penanggulangan kemiskinan melalui program kegiatan pemberdayaan keluarga fakir miskin dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Indonesia. Salah satu bentuk program kegiatan pemberdayaan fakir miskin tersebut adalah Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang terbagi dalam kelompok fakir miskin perkotaan, pedesaan, dan pesisir.

Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu sebagai perpanjangan tangan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia ikut serta dalam memfasilitasi pembentukan dan pengawasan kelompok usaha bersama yang dikelola oleh masyarakat di wilayah Tanah Bumbu. Salah satu kegiatan tersebut adalah pendampingan penyaluran bantuan KUBE untuk kelompok perkotaan yang dilakukan pada hari Rabu, tanggal 14 November 2018.

Bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kecamatan Simpang Empat

Ada tiga kelompok usaha bersama yang mendapatkan bantuan KUBE perkotaan melalui Dinas Sosial Propinsi Kalimantan Selatan di Kecamatan Simpang Empat. “Tiga kube tersebut merupakan usaha permakanan yang terdiri dari Kube Cahaya Pelita dengan usaha pembuatan kue basah dan kue kering, Kube Babus Salam dengan usaha telur asin dan keripik, serta Kube Al Hijrah dengan program usaha macam-macam kue”, jelas Nova, TKSK Simpang Empat, yang mewakili Dinas Sosial dalam proses penyaluran tersebut

Kelompok usaha bersama yang dikelola oleh masyarakat ini diharapkan dapat mewujudkan kemandirian sosial ekonomi bagi keluarga miskin sehingga kesejahteraan keluargapun dapat tercapai. Secara umum, pengembangan Kube yang terarah akan mampu memutus rantai kemiskinan di Indonesia secara bertahap. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *