POLSEK MANTEWE SERAHKAN BAYI TERLANTAR KE DINAS SOSIAL

KABAR DINSOS (30/10) – ┬áHari selasa tanggal 30 November 2018, Kepolisian Republik Indonesia Sektor Mantewe melakukan serah terima bayi terlantar kepada Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Sosial, Endang Asyudi, Spt, MS yang disaksikan oleh Kepala Desa Sari Mulya, Bhabinkamtibmas ┬ádan Bidan Desa Sari Mulya bertempat di kantor Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu.

Diketahui sebelumnya telah ditemukan seorang bayi berjenis kelamin perempuan di jalan transmigrasi km 31 Desa Sarimulya Mantewe pada tanggal 1 Oktober 2018. Bayi perempuan yang belum bernama ini ditemukan pertama kali oleh salah seorang warga yang mendengar tangisan bayi di luar rumahnya. Karena penasaran, warga tersebut kemudian memeriksa dan menemukan seorang bayi yang dibungkus kain sarung diletakkan di atas tumpukan kayu. Warga kemudian melaporkan penemuan tersebut ke Polsek Mantewe untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Setelah melewati proses penyelidikan selama satu bulan dan belum didapatkan informasi mengenai orang tua bayi, akhirnya Polsek Mantewe dengan resmi menyerahkan bayi terlantar tersebut ke Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu. Sesuai dengan prosedur adopsi yang berlaku, Dinas Sosial kemudian menerima pendaftaran Calon Orang Tua Asuh (COTA) yang akan merawat bayi tersebut. Sekitar 12 pasangan mengisi formulir pendaftaran calon orang tua asuh di kantor Dinas Sosial, namun hanya sekitar lima pasangan yang lolos persyaratan. Dari lima pasangan yang lolos tersebut, Dinas Sosial kemudian melakukan kunjungan rumah untuk proses asesmen dan melihat kondisi pasangan dari dekat. Setelah melalui seleksi home visit, akhirnya ditentukanlah satu orang pasangan yang berhak untuk melakukan pengasuhan sementara.

Penyerahan bayi terlantar kepada calon orang tua asuh sementara

Terhitung sejak serah terima bayi terlantar kepada calon orang tua asuh sementara, Dinas Sosial akan terus memantau kondisi bayi serta mengumumkan penemuan bayi tersebut di media massa sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dinas Sosial juga menghimbau kepada keluarga kandung bayi apabila mendengar penemuan tersebut diharapkan agar menghubungi Dinas Sosial atau Polsek Mantewe dengan harapan nasab anak dapat diketahui dengan jelas. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *