JALANKAN AMANAT UNDANG-UNDANG, DINSOS FASILITASI PENGUKURAN ALAT BANTU DISABILITAS KE BANJARMASIN

KABAR DINSOS (01/11) – Negara Indonesia sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, hal ini tertuang dalam penjelasan umum Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Hak asasi manusia dilindungi oleh undang-undang, termasuk diantaranya adalah hak-hak dari kelompok rentan yaitu para penyandang disabilitas. Secara khusus hak-hak bagi penyandang disabilitas sudah diatur oleh pemerintah dalam Undang-Undang No. 19 tahun 2011 tentang konversi hak-hak penyandang disabilitas, Peppres no 75 tahun 2005 yang mengatur tentang pelaksanaan aksi di bidang penyandang disabilitas serta UU No 18 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

Dalam rangka menjalankan amanat undang-undang sebagaimana tersebut di atas, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu ikut serta dalam memberikan pelayanan bagi kelompok rentan ini dengan cara memfasilitasi pengukuran alat bantu bagi penyandang disabilitas. Pada tanggal 1 November 2018, Sekretaris Dinas Sosial, Endang Asyudi, S.Pt, MS mendampingi empat orang warga Tanah Bumbu penyandang disabilitas untuk melakukan pengukuran alat bantu di kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan.

Pengukuran tangan palsu bagi penyandang disabilitas

Bentuk alat bantu yang  diberikan dalam program ini berupa tangan dan kaki palsu. Masing-masing atas nama Taupikurrahman asal kecamatan Mantewe akan mendapatkan bantuan kaki palsu; Sopiyani, asal kecamatan Simpang Empat berupa Kaki palsu; Siam Purnomo asal kecamatan Kuranji berupa tangan palsu, serta Ahmad Lutfi Naufal asal kecamatan Satui juga berupa tangan palsu. Dengan adanya bantuan ini nanti diharapkan dapat membantu para penyandang disabilitas dalam menjalankan aktifitas sehari-hari sehingga keberfungsian sosialnyapun dapat berjalan dengan baik pula. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *