DINSOS TITIPKAN ANAK ODGJ DI YAYASAN DARUL YATAMA ZULFA

KABAR DINSOS (01/11) –  Kamis, 1 November 2018, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu diwakili oleh Hj. Sukmawati Kasi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia yang didampingi oleh Pekerja Sosial serta Staf Rehsos menitipkan anak ODGJ yang sehari sebelumnya dirujuk ke RSJ Sambang Lihum ke Yayasan Anak Yatim Piatu Darul Yatama Zulfa Kecamatan Simpang Empat.

Kasi Rehsos Anak dan Lansia bersama RT, anak dari penderita ODGJ

Bocah kecil yang baru berusia tiga tahun ini diketahui bernama RT dan sebelumnya sempat ditangkap bersama dengan ibunya yang mengalami gangguan jiwa di pondokan milih salah satu warga Tungkaran Pangeran. Setelah berkoordinasi dengan bagian Poli Jiwa RSUD HAAN, ODGJ kemudian dirujuk ke RSJ Sambang Lihum Banjarbaru untuk mendapatkan pengobatan, sedangkan anak dipisahkan sementara dari ibunya dengan memperhatikan kondisi kejiawaan anak mengingat sang ibu saat ini sedang mengalami gangguan jiwa.

Menurut Hj Sukmawati, Kasi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia, RT hanya dititipkan sementara selama ibunya dalam masa perawatan. Setelah diketahui asal-usul keluarganya, RT dan ibunya kemungkinan akan dipulangkan ke daerah asal. “Anak harus mendapatkan perlindungan dan perhatian, karena tidak mungkin tinggal bersama ibunya di RSJ maka untuk sementara anak kami titipkan di Panti Asuhan agar mendapatkan perawatan dan perlindungan yang semestinya” ungkap beliau saat dikonfirmasi.(Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *