DINSOS KEMBALI RUJUK ODGJ KE SAMBANG LIHUM

KABAR DINSOS (31/10) –  Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu kembali merujuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ke Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Banjarbaru pada tanggal 31 Oktober 2018.

Sebelumnya, Dinas Sosial mendapatkan pengaduan dari kelurahan Tungkaran Pangeran tentang adanya ODGJ yang dianggap meresahkan warga. ODGJ yang diketahui bernama YL tersebut merupakan orang terlantar yang sudah beberapa bulan tinggal di pondokan milik salah seorang warga setelah sebelumnya sempat berpindah-pindah tempat di beberapa wilayah di Kecamatan Simpang Empat. YL kemudian ditangkap oleh warga dibantu pihak dari kelurahan di pondokan tempatnya tinggal setelah pihak kelurahan mendapatkan laporan warga bahwa YL beberapa kali mengancam warga sekitar dan bahkan menodongkan pisau kepada mereka.

Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu bekerja sama dengan Dinkes dan RSUD berencana merujuk YL ke RSJ Sambang Lihum pada hari Selasa, 30 Oktober 2018. Namun beberapa saat sebelum berangkat YL sempat melarikan diri dari Ambulans yang akan membawanya. Tak lama kemudian YL diamankan kembali dan diberangkatkan keesokan harinya.

Staf Dinsos mengurus pemberkasan di RSJ Sambang Lihum

Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu sempat menemui kendala saat akan membawa YL ke RSJ dikarenakan ia tidak mau meninggalkan anaknya yang masih berusia 3 tahun. Setelah berkoordinasi dengan bagian Poli Jiwa RSUD HAAN, Dinsos kemudian memutuskan untuk membawa serta anak YL untuk menjaga kestabilan YL selama di perjalanan. YL kemudian dipisahkan dari anaknya setelah sampai di RSJ Sambang Lihum. Selama perawatan di RSJ, anak YL akan dititipkan di Yayasan Anak Yatim Piatu Darul Yatama Zulfa guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. “Kami juga tidak ingin memisahkan anak dan ibu, namun untuk sementara selama ibunya dalam masa perawatan, anak akan kami titipkan di panti asuhan” ungkap Siti Zaleha, Kasi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Tuna Sosial dan Perdagangan Orang.(Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *