MONITORING DAN EVALUASI PERTEMUAN KELOMPOK PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)

KABAR DINSOS (29/10) –  Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu melalui bidang Pemberdayaan, Perlindungan dan Jaminan Sosial melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi pada pertemuan kelompok PKH yang dilaksanakan pada hari Senin, 29 Oktober 2018 bertempat di Desa Danau Indah kecamatan Batulicin dan Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat. Monitoring dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas program pertemuan kelompok PKH yang dilaksanakan selama ini serta evaluasi terhadap hal-hal yang harus diperbaiki untuk pertemuan kelompok berikutnya.

Kabid Pemberdayaan Perlindungan dan Jaminan Sosial didampingi oleh Korkab PKH Kabupaten Tanah Bumbu bersama keluarga penerima manfaat Desa Danau Indah

Pertemuan kelompok yang dilaksanakan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program keluarga harapan sendiri adalah pertemuan rutin yang dijadwalkan minimal sebulan sekali. Acara yang digawangi oleh pendamping PKH masing-masing wilayah selain berfungsi sebagai sarana komunikasi antara pendamping dengan KPM untuk menyampaikan informasi terbaru tentang PKH juga bertujuan untuk mengedukasi KPM pentingnya manajemen dalam rumah tangga seperti manajemen keuangan dan pengasuhan pada keluarga.

Azhar Hanafi, Korkab PKH Kabupaten Tanah Bumbu, ketika ditemui menjelaskan bahwa ada tujuh paket yang disampaikan secara berkala dalam acara pertemuan rutin KPM PKH. “Bulan ini kami lebih menitikberatkan pada pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha khususnya cara mengelola keuangan keluarga yaitu bagaimana menyeimbangkan pengeluaran dengan pendapatan”,  ujarnya. Lebih lanjut, dengan adanya program pertemuan rutin ini diharapkan dapat memutuskan rantai kemiskinan di Indonesia khususnya Kabupaten Tanah Bumbu.(Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *