KEMENSOS RI GELAR SOSIALISASI ANTI KEKERASAN ANAK DI SMP NEGERI I BATULICIN

KABAR DINSOS (25/10) –  Kementrian Sosial Republik Indonesia melalui Satuan Bakti Pekerja Sosial Perlindungan Anak (Sakti Peksos) mengadakan acara sosialisasi anti kekerasan terhadap anak di SMP Negeri I Batulicin pada hari Kamis, 25 Oktober 2018. Bekerja sama dengan pekerja sosial Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu, acara ini diikuti oleh sekitar 62 siswa perwakilan dari tiap kelas.

Tidak hanya ceramah satu arah, sosialisasi yang bertema “Stop Kekerasan Pada Anak” ini juga menggunakan metode roleplay dan diskusi untuk membuat siswa tetap bersemangat dalam mengikuti acara tersebut. “Saya berharap anak-anak dapat mengambil manfaat dan menularkan pengetahuannya kepada teman-temannya yang lain yang belum dapat mengikuti acara sosialisasi ini”, ungkap Bapak Baenuri, S.Pd, guru BK SMPN I Batulicin dalam pembukaan sosialisasi.

Siswa-siswi SMPN I Batulicin membubuhkan tanda tangan sebagai janji untuk tidak melakukan kekerasan pada anak

Ahmad Murdhillah, Sakti Peksos Perlindungan Anak menjelaskan bahwa kekerasan anak adalah semua bentuk kekerasan yang dilakukan terhadap anak yang mempunyai dampak negatif terhadap fisik, seksual, emosional maupun sosial. Lebih jauh lagi, kekerasan pada anak kadang bisa berbentuk hal-hal yang biasanya dianggap remeh dalam pergaulan sehari-hari seperti mengejek dan mencubit. Selain bentuk-bentuk kekerasan, dalam acara tersebut disosialisasikan juga cara-cara pencegahan kekerasan pada anak agar anak memahami bagaimana cara mencegah timbulnya tindak kekerasan dan apa yang harus dilakukan apabila menemukan tindak kekerasan pada anak.

Acara sosialisasi yang berlangsung selama 2 jam ini ditutup dengan janji suci siswa-siswi SMPN I Batulicin untuk tidak melakukan kekerasan terhadap anak. Mereka juga membubuhkan tanda tangan di spanduk yang telah disediakan untuk kemudian diserahkan kepada pihak sekolah sebagai bukti bahwa siswa-siswi SMPN I Batulicin akan menghentikan setiap bentuk kekerasan yang dilakukan kepada anak.(Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *