DINSOS LAKUKAN VERVAL TERHADAP IBU KANDUNG CALON ANAK ASUH (ADOPSI)

KABAR DINSOS (19/10) – ┬áSalah satu prosedur yang harus dilalui oleh Calon Orang Tua Angkat (COTA) untuk mendapatkan rekomendasi pengangkatan anak adalah dengan mengikuti Sidang Tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA). Tim PIPA berdasarkan Permensos No.37 Tahun 2010 merupakan suatu wadah pertemuan koordinasi lintas instansi secara komprehensif dan terpadu guna memberikan pertimbangan pemberian izin pengangkatan anak. Dalam sidang PIPA biasanya berkas administratif yang masuk akan diteliti kembali kebenarannya serta melakukan crosscheck antara apa yang tertulis dalam berkas administratif tersebut dengan keterangan dari calon orang tua asuh.

Pada tanggal 1 Oktober 2018 lalu, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu diwakili oleh Kasi Rehabilitasi Sosial Anak&Lansia beserta Sakti Peksos Perlindungan Anak mendampingi calon orang tua asuh asal Tanah Bumbu untuk mengikuti sidang Tim PIPA di hotel Aquarius Banjarmasin. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Tim Pipa belum dapat mengeluarkan rekomendasi pengangkatan anak untuk calon orang tua asuh dikarenakan ada beberapa berkas serta keterangan yang kurang sesuai. Oleh karena itu Tim Pipa menghimbau kepada calon orang tua asuh untuk dapat melengkapi data dukung tersebut sebelum mendapatkan surat rekomendasi.

Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu yang berkomitmen untuk mendampingi proses pengangkatan anak asuh sampai tuntas kemudian membantu calon orang tua asuh untuk melacak kembali keberadaan orang tua kandung dari Calon Anak Asuh (CAA). Setelah melakukan pencarian akhirnya diketahui bahwa orang tua kandung calon anak asuh berada di wilayah Kabupaten Kotabaru. Dinsos Tanah Bumbupun kemudian berkoordinasi dengan Dinsos Kotabaru melalui TKSK setempat untuk membantu memfasilitasi pertemuan dengan orang tua kandung CAA tersebut.

Kondisi ibu Kandung CAA bersama Peksos dan Kasi Rehsos Anak&Lansia

Tepat pada tanggal 17 Oktober 2018 Dinsos Tanah Bumbu diwakili Kasi Rehsos Anak&Lansia beserta Pekerja Sosial dan Sakti Peksos Perlindungan Anak berhasil menemui ibu kandung CAA di Kantor Desa Sungai Kupang Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru. Dalam pertemuan yang disaksikan oleh kepala desa serta TKSK Kelumpang Hulu tersebut berhasil diverifikasi alasan-alasan penyerahan anak dari orang tua kandung kepada calon orang tua asuh yang dituangkan dalam surat penyerahan anak yang ditandatangani oleh orang tua kandung serta didapatkan surat keterangan kematian ayah kandung CAA dari desa untuk melengkapi berkas administratif yang dipersyaratkan oleh Tim PIPA. Dari hasil pertemuan tersebut Dinsos Tanah Bumbu segera berkoordinasi dengan Tim PIPA Kalsel dan bergerak untuk menyelesaikan pemberkasan guna mendapatkan surat rekomendasi pengangkatan anak bagi calon orang tua asuh. (Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *